Artikel Terbaru

Minggu, 30 Oktober 2016

TUTORIAL PENGISIAN STAT PADA EQUIPMENT DENGAN BLACKSMITH TECH

Selamat Pagi Toramers, pada kesempatan kali ini sesuai janji saya sebelumnya jika ada waktu luang akan menshare tutorial pengisian stat menggunakan char Blacksmith Tech, adapun syarat yg harus di lakukan sebelum kalian membaca lebih jauh tutorial ini yaitu :
1. Memiliki char khusus full Tech Lv cap, saat ini 105, nanti setelah MT 110, dan sudah mengambil skill Customize Equipment Lv.10 & Accurate Customization Lv.10
2. sudah membaca basic basic guide full tech, jika belum membaca ditakutkan akan kebingungan memahami tutorial ini, basic guide tech bisa di baca dsni https://www.facebook.com/groups/248203981970023/permalink/346369058820181/3. Memahami basic matematika, pembagian pengurangan perkalian pertambahan pembulatan, karna tutorial ini akan menggunakan perhitungan perhitungan
4. Memiliki hati yg lapang, karena kalo punya hati yg sempit ditakutkan tutorial yg dibaca tidak akan meresap secara penuh ke dalam memori kita
Jika kalian telah memenuhi syarat diatas, saatnya kita membahas tutorial ini.
Pengisian stat hanya bisa dilakukan terhadap equipment yg memiliki Potential, equipment equipment yang dbuat oleh Player dan bukan NPC akan memiliki yg namanya Potential, potential menentukan seberapa banyak stat yg bisa kamu isi. semakin tinggi suatu potential maka stat yang diisi pun bisa semakin tinggi pula. Potential juga dapat di tambahkan dengan menambahkan Negatif Stat. tiap tiap stat memiliki jumlah pemakaian / penambahan potential yang berbeda.
Contoh : MATK % memakan 10potential tiap 1% di weapon, sedangkan MATK % memakan 20potential tiap 1% di armor.
Dalam pengisian stat terdapat suatu penalty potential, penalty potential maksudnya apabila kalian menambahkan 2 atau lebih stat dengan kategori yg sama maka akan dikenakan penalty potential. besarnya penalty potential bergantung seberapa banyak stat kategori yang sama yg kalian tambahkan, jumlah penalty potential selalu di bulatkan kebawah, artinya jika hasil nya 1.9 penalty, maka terhitung hanya 1 saja. berikut adalah besarnya penalty potential :
-2 stat kategori yang sama=penalty 20% dari total potential yg di pakai
-3 stat kategori yang sama=penalty 45% dari total potential yg di pakai
-4=80%
-5=125%
-6=180% dst.
besarnya penalty akan terus di akumulasi tiap kita mengisi stat.
contoh : pertama kita mengisi critical rate+1 dan critical rate+1%, maka dikenakan penalty sebesar 20% dari total pot yg dipakai. kemudian kita eksekusi dan jadilah cr+1 dan cr+1%, kemudian kita menambahkan lagi critical damage+1, maka dikenakan penalty sebesar 45% karena ada 3 stat dalam kategori yg sama. kemudian kita eksekusi lagi dan jadilah cr+1 cr+1% cd+1, kemudian kita menambahkan lagi critical damage+1%, maka dikenakan penalty sebesar 80% karena ada 4 stat dengan kategori yg sama. Hal ini juga berlaku bagi stat yg di negatifkan, Jika menegatifkan stat dodge-1 dan dodge-1% maka kita akan dapat penambahan pot sebesar penalty 20% tersebut.
Perlu diingat tiap kategori stat yg sama tidak menyatukan penalty % mereka, maksudnya jika kalian mengisi 2 stat critical rate dan critical rate% dan mengisi 2 stat MATK dan ATK, itu tidak dihitung 4 stat kategori yg sama, tetapi 2 stat kategori yg sama dan 2 stat kategori yg sama, jd jumlah penalty nya hanya 20% + 20% = 40%, tidak 80%.
Tentu kita ingin mengisi stat dengan success rate yang tinggi, maka perhitungan sblm melakukan pengisian stat itu perlu. cara menghitung besarnya sukses rate yaitu :
Success Rate % = (-x : 230 . y) - 130
x = Pot yang tersisa / yang terpakai
y = jumlah pot yang tersedia.
dalam pengisian stat apabila potential sudah 0 meskipun masih ada slot kosong, kita ttap tidak bisa menambahkan stat lagi, dan apabila seluruh slot sudah penuh meskipun masih ada sisa potential kita tidak akan bsa menambahkan nominal stat/mengurangi stat, jadi selalu sisakan 1 slot kosong untuk pengisian stat terakhir.
jika kalian telah memahami penjelasan diatas, mari kita ke contoh kasus nyata dalam pengisian stat.
Kita memiliki Armor dengan potential 51 ingin mengisi armor element, 10% against dark dan MATK 7%, perhitungannya sebagai berikut
Potential = 51
step 1 : Add matk +2% kemudian click = 51 - 40 = 11
Step 2 : add accuracy -7 (+42Pt)
add ATK -7% (+42Pt)
Add Physical Pierce -3% (+36Pt)
add Dodge -7 (+21Pt)
Penalty 3 Stat kategori sama (ATK MATK Pierce) = 45%
= 11 + (42 + 42 + 36 + 21 + (45% x (42 + 42 + 36 + 21)))
= 11 + (141 + (45% x 141))
= 11 + (141 + 63)
= 215
Step 3 : ubah nilai matk 2% menjadi matk 7% (-100Pt)
add 10% Against Dark (-100pt)
Penalty 3 Stat kategori sama (ATK MATK Pierce) = 45%
= 215 + (-100 + -100 + (45% x (-100 + -100)))
= 215 + (-200 + (45% x -200))
= 215 + (-200 + -90)
= -75
Karna ini step terakhir maka hasilnya akan menjadi (-75pt/215pt)
-75 = x, 215 = y, kemudian masukkan ke dalam rumus success rate
Success Rate % = (-x : 230 . y) - 130
Success Rate % = (-(-75) : 230 . 215) - 130
Success Rate % = (79) - 130
Success Rate % = -50, maka success ratenya adalah 50%
untuk stat stat lainnya silahkan kalian coba hitung hitung sendiri, asalkan udah paham logika penalty dan rumus success rate, maka mau isi stat apapun pasti mudah. dan lagi sekarang jaman udah canggih, gunakan Excel untuk perhitungan stat sblm memulai pengisian stat supaya lebih mudah dan tau brp sih success rate stat yg kita inginkan
Demikian tutorial singkat ini, apabila masih belum terlalu paham coba dibaca sampai 3x dan sambil di praktekkan, karna tentu saja teori tanpa praktek itu sulit, dan praktek tanpa teori bagaikan melukis di atas air. dan klo masih belum paham juga bisa bertanya di kolom komentar.


8 komentar:

  1. sumber bya dr mana gan? kok bsa dpt angka :230,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kenpa bisa dapet 230? Bisa jelasin lagi ga, ka sumber bya?

      Hapus
  2. hm hm pala pusing tapi tetep mencoba hahaaahahaha

    BalasHapus
  3. Gan ane coba negatifkan status atak dab lain2 tapi malah ndak dpet potensial segitu ya kok bisa? Terimakasi sebelumnya

    BalasHapus
  4. Serasa belajar matematika, pusing

    BalasHapus
  5. Ye nemu artikel kuno tapi berfaedah ^^

    BalasHapus